MASA MUDA ADALAH MASA KE EMASAN

 

MASA MUDA ADALAH MASA KE EMASAN

OLEH

YANUARI TELAUMBANUA

SEMESTER II

SEKOLAH TINGGI TEOLOGI PELITA BANGSA

            Masa muda adalah masa mencari jati diri, masa membuktikan eksistensi, masa mencari segala sesuatu yang ingin di raih dengan penuh semangat dan gairah, akan tetapi dibalik semangat itu perlu kontrol serta pembinaan agar tidak berlebihan dan tidak terjerumus kedalam hal-hal yang justru membawa keterpurukkan bahkan mendatangkan masalah yang besar sehingga masa muda yang seharusnya menyenangkan menjadi masa yang suram ceritanya. Pada saat masa muda ini manusia memiliki banyak sekali keunggulan dalam segala hal selain usia yang masih brilian, semangat membara, kekuatan fisik yang mendukung/tenaga yang kuat, pikiran yang masih fresh, dan tekat yang kuat, akan tetapi masa muda ini akan dipertanggunjawabkan pada masa tua nanti karena masa mudalah yang akan menentukan kebahagiaan dimasa tua.

Pada saat usia muda ini merupakan masa pembekalan dan masa mempersiapkan diri untuk menhadapi masa tua. Kebanyakan orang akan mengejar karir, jabatan, gelar, dan bahkan di masa muda ini tidak sedikit orang yang banyak mengumpulkan harta untuk keperluannya di masa tua nantinya. Namun kebanyakan orang terlena akan masa muda ini, terlalu menikmati dan terbuai akan kenyamanan yang ada. Tanpa disadari bahwa waktu terus berjalan dan tidak dapat diputar kembali. Sehingga banyak orang yang menyesali hidup ketika ia sudah tua dan memikirkan berapa banyak peluang dan kesempatan yang ia sia-siakan semasa mudanya. Namun hal itu hanyalah penyesalan dan sebagai pengalaman hidup untuk dibagikan kepada orang yang akan menjalani masa mudanya agar ia belajar dari pengalaman yang sudah ada, baik yang buruk maupun yang baik.

  • Masa muda adalah masa kebahagiaan dan kejayaan

Dalam Alkitab juga diberikan nasihat bagi pemuda dan pemudi agar memperhatikan hidupnya selagi masih muda. Seperti dikatakan dalam kitab “pengkhotbah 11:9-10” di sana dikatakn bersukarialah hai pemuda, dalam masa mudamu biarlah hatimu bersuka dalam masa mudamu, dan turutilah keinginan hatimu dan pandangan matamu, tetapi ketahuilah bahwa karena segala hal ini Allah akan membawa engkau kepengadilan! Buanglah kesedihan dari hatimu dan jauhkanlah penderitaan dari tubuhmu, karena kemudaan dan fajar hidup adalah kesiasiaan. Di ayat tersebut telah jelas dikatakn bahwa masa muda adalah masa kebahagiaan akan tetapi kita harus memperhatikan masa itu karena pada saatnya telah tiba nantinya kita akan menerima akibat dari hal itu.

Masa muda adalah masa yang penuh cerita suka, duka, bahagia, sengsara, jatuh, bangun dalam karir di masa mudalah tempatnya. Akan tetapi disini juga kita belajar memperbaiki diri dari setiap kesalahan dan kegagalan yang kita alami, karena masih muda bararti masih ada kesempatan untuk memperbaiki diri, bahkan mungkin bisa melakukan sesuatu yang lebih baik dari sebelumnya karena segala potensi selagi masih muda sangat utuh 100%, tidak ada kelemahan. Namun terkadang yang membuat orang menyesali masa mudanya adalah waktu masa muda potensinya tidak mau diasah, sehingga potensi yang ada menjadi terbenam.

  • masa muda adalah kesempatan untuk melakukan hal yang baru

Istilah masa keemasan ini adalah metafora yang digunakan untuk suatu masa saat karya-karya besar banyak dihasilkan, istilah ini berasal dari para penulis Yunani dan Romawi kuno, di mana manusia hidup dengan negara yang murni dan adil. Istilah ini sendiri dapat kita artikan bahwa masa muda adalah masa keemasan dimana pada saat masih mudalah kesempatan untuk berkarya sebanyak mungkin dan menciptakan hal-hal yang baru. Ketika kita gagal dan terjatuh pada saat di saat umur masih muda maka itulah kesempatan untuk memperbaiki dan berusaha melakukan yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya, karena kesempatan diwaktu muda masih panjang waktu untuk mecoba melakukan perbaikan, tetapi jika sudah tua maka kecil kemungkinan untuk berkaraya lebih banyak lagi.

Namun tidak sedikit juga orang yang berkarya di masa tuanya namun kalau kita pikirkan saat ini berapa lama waktu yang dapat ia gunakan untuk menciptakan dan menikmati karya yang baru ia ciptakan, sementara umur sudah lanjut dan tenaga tidak lagi sekuat dulu kondisi tubuh yang sudah mulai menurun. Kecil kemungkinan bagi dirinya sendiri untuk menikmati hal-hal yang ia lakukan.

  • Kesimpulan

Sesuai dengan firman Tuhan dalam “pengkhotbah 11:9-10”, bahwa masa muda adalah masa berbahagia. Tetapi jangan lupa bahwa semuanya itu aka nada akibatnya kelak. Jadi pergunakan masa mudamu dengan baik, lakukan hal-hal yang membangun dan berguna di masa depan. Karena sekarang ini yang perlu kita lakukan selagi ada kesempatan adalah tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa kita berikan untuk dunia bukan apa bisa dunia berikan kepada kita. Artinya berikan yang terbaik semasa mudamu karena itu adalah kesempatan emas atau peluang yang baik untuk melakukan apa yang bisa kamu lakukan.

 

Referensi : Alkitab, Buku Motivasi Hidup dan Wikipedia.

`

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Copy Paste, Tuhan Memberkati
WhatsApp Chat disini (Klik)