TUJUAN HIDUP ORANG PERCAYA

TUJUAN HIDUP ORANG PERCAYA

Oleh: Jumiati

Semester 1

Sekolah Tinggi Teologi Immanuel Nusantara Jakarta

Sejak awal penciptaan Allah memberikan mandat kepada manusia yaitu untuk memenuhi bumi dan untuk mengelola seluruh alam ciptaan-Nya (Kejadian 1:27-28). dalam 1Korintus 10:31 (Jadi, entah kamu makan atau minum, atau apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah), dapat disimpulkan bahwa tujuan utama manusia khususnya orang percaya adalah “Memuliakan Allah”.

Memuliakan Allah merupakan satu konsep besar yang sangat penting untuk dipahami oleh orang Kristen dalam hidupnya, segala sesuatu yang dilakukan dengan perkataan atau perbuatan harus dilakukan dalam kerangka itu. Konsep memuliakan Allah dalam hidup orang Kristen dapat disebut sebagai etos hidup (way of life, mindset, worldview) yang harus menggerakkan dan menuntun orang Kristen kepada suatu cara hidup yang betul-betul menyenangkan Allah (Kolose 3: 17, 23). Jikalau orang Kristen menyadari dan menghidupi konsep ini dengan benar dan menggunakannya sebagai etos hidup, dengan sendirinya dia akan berada berada pada proses hidup yang Allah kehendaki. Hal ini dimungkinkan bagi orang Kristen karena dia telah ditebus dan diselamatkan dalam Kristus Yesus. Karya penebusan Kristus telah memulihkan status dan kemampuan orang Kristen untuk hidup selaras dengan rencana Allah dan untuk itu juga orang Kristen diselamatkan. efesus 2:10 menuliskan, “Kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Yesus Kristus untuk melakukan pekerjaan baik yang dipersiapkan Allah sebelumnya.” Ayat ini menegaskan beberapa hal yaitu, Kristus sebagai pusat dan tujuan penciptaan manusia, selanjutnya menegaskan bahwa sejak awal Allah telah menentukan dan mempersiapkan orang Kristen untuk melakukan pekerjaan baik. Yang dimaksud di sini adalah suatu persembahan totalitas hidup yang berarti dan memiliki tujuan yang benar. Surat Petrus mengajarkan bahwa sesudah orang Kristen ditebus dengan darah yang mahal 1Petrus 1:18-19, maka selanjutnya menegaskan agar orang Kristen dalam kehidupan pribadinya, keluarganya, kehidupan keagamaan, dan sosialnya harus sesuai dengan kehendak Allah.

Tujuan hidup orang percaya bukan hanya memuliakan Allah saja, tetapi ada beberapa poin yang menjadi tujuan hidup orang percaya yaitu sebagai berikut:

  1. Menjadi seperti Yesus “Karakter”

Kehidupan Kristen adalah tentang sedang menjadi siapakah kita untuk kepentingan orang lain. karena Yesus sudah turun dari surga untuk menggantikan kita, Dia juga telah menjadi teladan dalam menjalani kehidupan yang Allah rancangkan untuk kita. Alkitab menyebut sifat-sifat baik ini sebagai “buah”. Buah dapat dilihat oleh semua orang dan siap dinikmati semua orang.

Paulus menyebut karakter-karakter ini seperti “buah Roh” dalam Galatia 5:22-25, yang terdiri dari kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri.

  1. Berpikir Seperti Yesus “Keyakinan”

Untuk menjadi seperti Yesus maka orang percaya harus berpikir seperti Yesus. Dua langkah untuk dapat berpikir seperti Yesus yaitu:

  1. Dengan berhenti untuk berpikir seperti anak kecil yang hanya mementingkan diri sendiri (Roma 8:5; 1Kor 14:20; 1Kor 13:11).
  2. Dengan mulai berpikir matang, pikiran yang terfokus pada orang lain, bukan diri sendiri. Tidak memperhatikan kepentingan sendiri, tetapi memperhatikan juga kepentingan orang lain (Filipi 2:3-4). untuk bisa berpikir dengan cara ini maka orang percaya harus mengisi pikiran dengan Firman Allah.
  3. Bertindak seperti Yesus “Praktik/Penerapan”

Dalam buku The Spirit of the Discplines, Dallas Willard menunjukkan satu prinsip yang penting yaitu penerapan-penerapan rohani dengan melibatkan Roh yang perlahan-lahan memindahkan kebenaran Allah dari kepala ke hati kita. Bertindak seperti Yesus berarti mempaktikkan atau menerapkan teladan yang Yesus lakukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya berbelaskasihan kepada orang lain, suka berdoa, tidak egois, rela mengampuni, bersemangat, rendah hati, sabar, dll. Semua itu Yesus lakukan semasih di dalam dunia. Jadi, sebagai orang percaya harus menerapkan apa yang telah Yesus terapkan.

Kesimpulannya, sebagai orang percaya yang menjadi tujuan hidupnya yaitu memuliakan Allah, menjadi seperti Yesus, berpikir seperti Yesus, dan bertindak seperti Yesus.

 

Daftar Pustaka

Randy, Frazee.-. Berpikir bertindak menjadi seperti Yesus.

https://www.jw.org/id/perpustakaan/buku/yesus-jalan-kebenaran-kehidupan/tirulah-sifat-yesus/ diakses pada tanggal (9 Januari).

 https://www.gsja-sword.com/2011/04/dua-kunci-berfikir-seperti-yesus.html diakses pada tanggal (9 Januari).

https://c3i.sabda.org/makna-dan-tujuan-hidup-orang-kristen.html diakses pada tanggal (10 Januari).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Jangan Copy Paste, Tuhan Memberkati
WhatsApp Chat disini (Klik)